Suasana Hari Kesehatan Sedunia 2012 di Magelang

This slideshow requires JavaScript.

Dokumen dapat di unduh disini

Berikut ini liputan Hari Kesehatan Sedunia 2012 yang diselenggarakan di Magelang sebagaimana dimuat Koran Kedaulatan Rakyat pada 11 April 2012 yang lalu.

Senam Lansia Hari Kesehatan Sedunia

Rabu, 11 April 2012 | 13:21 WIB

MUNGKID (KRjogja.com) – Dari 1.181.916 jumlah penduduk di Kabupaten Magelang, sebanyak 115 ribu diantaranya termasuk kategori lansia. Tak heran, beban dan tanggung jawab penduduk usia produktif semakin besar. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap jenis dan pola penyakit yang menyebar di wilayah ini.

“Semakin banyak lansianya, semakin banyak pula penyakit degenerative. Karena itu, para lansia perlu secara rutin melakukan cek kesehatannya,” kata Kasi Lansia Dinkes Kabupaten Magelang dr Eka dalam peringatan Hari Kesehatan se-Dunia di Klinik Kesehatan Yoga Darma, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Rabu (11/4).

Sebagai antisipasi, seluruh desa diwajibkan setiap desa diwilayah ini memiliki posyandu lansia. “Tujuan kami, pelayanan kepada para lansia menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Sekretaris Kamda Lansia Kabupaten Magelang Gatot Sugiarto menambahkan, warga lansia harus memiliki kegiatan yang produktif sehingga tidak bergantung pada orang lain. Kesibukan dan kegiatan dinilai akan bisa meningkatkan kesehehatan lansia sehingga usia harapan hidup pun meningkat. “Usia harapan hidup kita pada tahun 2010 70,2 tahun. Ini bisa ditingkatkan,” imbuhnya.

Pada peringatan hari kesehatan dunia kemarin, ditandai dengan senam lansia dan kemudian dilanjutkan workshop lansia dan diskusi lansia. Acara ini dihadiri ratusan lansia se-Kabupaten Magelang. Belasan lansia dari kawasan bencana seperti Desa Blongkeng (Ngluwar) dan Desa Sirahan (Salam) juga hadir. (Bag)

Sumber: Kedaulatan Rakyat