Antusias Lansia Peringati Hari Kesehatan Sedunia

Senam Bugar Lansia di halaman RS Panti Wilasa Citarum, Semarang.

Perayaan hari kesehatan sedunia 2012 berlangsung meriah di beberapa kota. Hari Kesehatan Sedunia yang mengambil tema “Ageing and Health” dirayakan dengan melakukan senam bugar bersama yang dilanjutkan dengan dialog dan sarasehan yang melibatkan lansia, praktisi kesehatan, dan pemerintah.

Di Kota Semarang, kegiatan senam bugar lansia diselenggarakan di halaman Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum. Kurang lebih 300 peserta dari berbagai kelompok kesehatan dan posyandu lansia se Kota Semarang mengikuti acara tersebut. Selain dihadiri oleh segenap unsur RS Panti Wilasa Citarum dan RS Panti Wilasa Dr. Cipto, kegiatan ini juga turut dihadiri dr.Tatik Murhayati dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang menjadi narasumber dalam sarasehan.

Di Kota Surakarta, kegiatan senam bersama dan dialog memperingati hari kesehatan sedunia dipusatkan di RS Panti Waliyo, Surakarta. Acara diikuti dibuka dengan sambutan Direktur RS Panti Waluyo dr. T. Soebroto, MKes. Walikota Solo, diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota dr. Siti Wahyuningsih juga turut memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Banyumas, Ir. H. Ahmad Husein saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2012 di Purwokerto, Banyumas.

Antusias melakukan senam bugar lansia di Purwokerto

Kegiatan serupa juga diselenggarakan di Kota Purwokerto, Banyumas. Kegiatan di Banyumas dipusatkan di halaman GKI Martadireja. Wakil Bupati Banyumas, Ir. Ahmad Husein, Direktur RS Sinar Kasih dr. Krisma Widyasmara MMR, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, turut mengikuti senam bugar lansia dengan ratusan lansia dari Kota Purwokerto.

Jalan Sehat Lansia di Klampok, Banjarnegara

Suasana saat dialog dengan Wakil Bupati Banjarnegara di Klampok, Banjarnegara.

Di Kabupaten Banjarnegara, kegiatan Hari Kesehatan Sedunia dipusatkan di Klampok, aula BLK Pertanian kecamatan Purwareja. Kegiatan dimulai dengan senam yang dilanjutkan dengan jalan sehat menuju aula tempat pertemuan. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati kabupaten banjarnegara, Drs. H. Hadi Supeno, M.Si didampingi oleh Kepala Puskesmas I Purwareja Klampok yang berkesempatan memberikan sambutan dan berdialog dengan lansia.

Bupati Purworejo, Bapak Mahsun Zein, M.Ag., saat memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2012 di Kabupaten Purworejo

Kegiatan Senam bugar lansia di Kabupaten Purworejo

Sementara itu di Kabupaten Purworejo, kegiatan senam bugar lansia dalam rangka Hari Kesehatan Sedunia 2012 dipusatkan di halaman RS Panti Waluyo, Purworejo. Kegiatan yang dilakukan ratusan lansia ini juga dihadiri oleh Bupati Purworejo, Mahsun Zein M.Ag., direktur RS Panti Waluyo Purworejo dr. Regowo, M.Kes., dan tokoh masyarakat Kelik Sumrahadi S.Sos., MM..

Kegiatan Senam Bugar Lansia di Grobogan.

Kegiatan senam bugar lansia juga diselenggarakan di Kabupaten Grobogan dan Kota Yogyakarta. Di Grobogan , kegiatan dipusatkan di Pendopo Kabupaten Grobogan sementara di Yogyakarta kegiatan di pusatkan di halaman pendopo Kota Yogyakarta.

Kegiatan Senam Bugar Lansia di Yogyakarta (7/4)

Menurut rencana, kegiatan serupa di Kabupaten Temanggung akan diselenggarakan pada Minggu, 8 April 2012 yang diselenggarakan bersama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia cabang Temanggung. Sementara kegiatan di Magelang akan diselenggarakan pada 11 April 2012 yang dipusatkan di Balai Pengobatan Yogadarma, Magelang.

Kesempatan yang Langka

Kegiatan senam bugar bersama lansia ini dipandang positif oleh para lansia. Ini terlihat dari antusiasme peserta yang juga menggunakan kesempatan ini untuk berdialog dengan pejabat pemerintah. Para lansia tidak hanya meminta dukungan pemerintah untuk peningkatan pelayanan kesehatan, melainkan juga meminta bantuan social dan bantuan modal usaha.

Di Banyumas, Wakil Bupati Ir. Ahmad Husein yang juga ketua Komda Lansia Kabupaten Lansia terlihat antusias merespon permintaan-permintaan dari lansia khususnya terkait dengan fasilitas penunjang posyandu lansia. Di Banjarnegara, kehadiran Wakil Bupati Drs. H. Hadi Supeno, M.Si dimanfaatkan para lansia untuk mengemukakan permohonan untuk membuat perda tentang pengobatan gratis untuk lansia, modal usaha, dan anggaran khusus untuk kesehatan lansia.

Bagi sebagian kelompok lansia, Peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2012 ini menjadi ajang persiapan menyambut Hari Lansia Nasional yang akan jatuh pada 29 Mei 2012. Hal ini juga disampaikan dalam kesempatan berdialog dengan pemerintah untuk meminta dukungan pemerintah akan penyelenggaraan kegiatan yang akan datang.

Martabat Lansia

Hari Kesehatan Sedunia 2012 secara internasional diperingati dengan tema “Ageing and Health”. Di Indonesia, Pemerintah mengangkat tema “Menuju Tua: Sehat, Mandiri, dan Produktif”. Tema ini diangkat setelah meningkatnya proporsi penduduk lansia di dunia.

Di Indonesia sendiri jumlah lansia pada tahun 2000 tercatat mencapai 17,2 juta atau meningkat dari tahun 1970 yang berjumlah 5,3 juta. Diperkirakan, pada tahun 2020, jumlah dan proporsi kelompok lansia di Indonesia diprediksi akan mencapai 28 juta jiwa dan 9,5%.

Menurut WHO, dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk berdasarkan kelompok usia lainnya, peningkatan proporsi jumlah lansia—penduduk berusia lebih dari 60 tahun—meningkat cukup cepat di berbagai negara sebagai hasil dari semakin panjangnya tingkat harapan hidup dan menurunnya angka kematian.

Akan tetapi, peningkatan jumlah lansia masih belum diimbangi dengan peningkatan pelayanan terhadap lansia. Pelayanan yang dimaksud tidak hanya pada aspek kesehatan, melainkan juga pada sektor-sektor pelayanan publik lainnya.

Melalui peringatan hari kesehatan sedunia 2012 ini, para lansia berharap pelayanan dan kepedulian terhadap lansia bisa ditingkatkan di kemudian hari. Karena, sekali lagi, kelak kita semua akan menjadi lansia.****