Yakkum Bersiap Rayakan Hari Kesehatan sedunia bersama Lansia

Menyambut Hari Kesehatan sedunia, 7 April 2012 yang akan datang, Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum berencana melakukan berbagai kegiatan bersama kelompok-kelompok lansia. Menurut rencana, kegiatan ini dilaksanakan serempak di 12 Kota yang menjadi wilayah pelayanan Rumah Sakit-Rumah Yakkum.
Untuk peringatan hari kesehatan sedunia 2012 ini, Yakkum mendukung seruan Organisasi Kesehatan sedunia (WHO) yang menekankan pentingnya memperhatikan pelayanan kesehatan terhadap lansia. Sebagaimana yang bisa disimak melalui website WHO, tema peringatan hari Kesehatan sedunia 2012 ini adalah “Ageing and Health”. Tema ini diambil mengingat pada tahun 2012 ini menandai 20 tahun Madrid International Plan of Action on Ageing 2002 disingkat “Rencana Madrid 2002”.

Rencana Madrid 2002 adalah sebuah deklarasi politik yang ditandatangani 159 pemerintah pada 2nd World Assembly on Ageing pada bulan April 2002. Rencana Madrid bermaksud mengarusutamakan masalah-masalah penuaan dalam berbagai kebijakan pembangunan sosial dan ekonomi. Rencana Madrid 2002 juga menyerukan kepada pemerintah untuk memasukkan kalangan lansia dalam kebijakan-kebijakan dan program-program untuk mencapai target MDGs, mengurangi proporsi penduduk yang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada 2015.

Penetapan “Ageing and Health” sebagai tema dalam hari kesehatan sedunia pada tahun ini juga dilandasi oleh kenyataan tentang semakin tingginya proporsi penduduk dunia yang berusia lanjut. Di Indonesia, populasi lansia pada tahun 2000 (17,2 juta) meningkat 3 kali lebih besar dari pada tahun  1970 (5,3 juta).

Pada tahun 2020, jumlah dan proporsi kelompok  lansia di Indonesia diprediksi akan mencapai 28 juta jiwa dan 9,5%. Menurut WHO, dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk berdasarkan kelompok usia lainnya, peningkatan proporsi jumlah lansia—penduduk berusia lebih dari 60 tahun—meningkat cukup cepat di berbagai negara sebagai hasil dari semakin panjangnya tingkat harapan hidup dan menurunnya angka kematian.

Gejala ini merupakan kisah sukses kebijakan kesehatan publik dan dalam konteks tertentu menunjukkan manfaat positif pembangunan. Akan tetapi pada saat yang sama muncul tantangan baru bagi masyarakat untuk beradaptasi dalam kerangka memaksimalkan manfaat kesehatan dan kapasitas fungsional lansia sebagaimana dalam partisipasi sosial dan keamanan.

Dalam konteks Indonesia misalnya, penghormatan terhadap martabat lansia pada aspek legal—termasuk di dalamnya adanya kebijakan-kebijakan yang afirmatif terhadap lansia—ternyata tidak serta merta memerkuat posisi lansia. Pada saat ini, Jumlah lansia telantar dan berisiko tinggi terlantar adalah 3.274.100 dan  5.102.800 orang. Lansia yang menjadi gelandangan dan pengemis adalah 9.259 orang, dan yang mengalami tindak kekerasan  10.511 orang.

Melalui Peringatan Hari Kesehatan Dunia 2012, WHO secara jelas hendak menarik perhatian penduduk dunia tentang pentingnya memperhatikan kesehatan kalangan lanjut usia. Perhatian yang tentu saja tidak hanya terkait dengan keluarnya perangkat aturan legal yang mengatur hak-hak dan kepentingan lansia, melainkan juga turunan-turunan aksi yang dibutuhkan untuk menjadikan lansia tetap bisa produktif dan menikmati hidup dengan pelayanan yang maksimal.

Pelayanan kesehatan bagi Lansia adalah salah-satu aktivitas pelayanan yang diselenggarakan oleh Yakkum. Di hampir seluruh wilayah pelayanan Yakkum terdapat pelayanan-pelayanan khusus bagi lansia, seperti dalam bentuk Posyandu Lansia, Klub lansia, maupun pasien-pasien klub. Pelayanan kesehatan bagi lansia inilah yang menjadi salah-satu nilai plus pelayanan kesehatan yang diselenggarakan Yakkum.

Dengan semangat ini dan dikaitkan dengan kegiatan aktif Rumahsakit-rumahsakit yang bernaung di bawah Yakkum dalam hal pelayanan bermaksud turut serta memperingati hari Kesehatan se-Dunia dalam rangka memberikan apresiasi terhadap hak dan martabat lansia, kami bermaksud mengadakan Peringatan Bersama Hari Kesehatan sedunia 2012 dengan mengusung “Hak dan Martabat Kesehatan untuk Lansia”.