Proyek SPHERE 2011 diluncurkan 14 April 2011

Pada tanggal 14 April 2011 lalu, Proyek SPHERE, meluncurkan Pedoman: Piagam Kemanudiaan dan Standar Minimum dalam Respon Kemanusiaan edisi 2011. Dalam edisi terbaru, Proyek Sphere 2011 memberikan penekanan dan fokus yang lebih kuat mengenai perlindungan dan keamanan bagi populasi terdampak.

Dalam edisi kali ini, Proyek Sphere memuat beberapa isu penting saat ini, seperti perubahan iklim, pengurangan risiko bencana, bencana-bencana di wilayah perkotaan, pendidikan, early recovery services, livelihood, dan kapasitas kebijakan di komunitas-komunitas terdampak.

Memahami dengan lebih seksama dan mendukung respon-respon lokal, termasuk memperkuat kapasitas aktor-aktor PRB tingkat lokal, terhadap bencana adalah sebuah prioritas yang tercermin dari keseluruhan panduan ini.

Standar pokok terkait dengan tahap perencanaan dan pelaksanaan respons kemanusiaan (‘proses’ dan standar ‘orang’) telah direvisi. Seperti memiliki standar terlalu minimal berurusan dengan empat set kegiatan yang menyelamatkan jiwa: air dan sanitasi, makanan, tempat tinggal dan kesehatan.

Proyek SPHERE adalah pedoman yang memandu kerja-kerja kemanusiaan di seluruh dunia. Proyek ini pertama kali diujicoba pada tahun 1998 dan telah diterjemahkan di hampir 20 bahasa di dunia. Batu pijakan Proyek SPHERE adalah Piagam Kemanusiaan, yang menggambarkan prinsip-prinsip pokok tentang pengelolaan aksi-aksi kemanusiaan dan mengangkat hak hidup dan martabat dari populasi, perlindungan, dan bantuannya.

Standar-standar minimum dan indikator-indikator yang tersusun dalam proyek SPHERE adalah kompulasi dari berbagai best-practices dari berbagai sektor pengelolaan bencana dan ekspresi praktis atas prinsip-prinsip pokok aksi kemanusiaan.***

Informasi lebih lanjut bisa disimak disini.

Project SPHERE 2011 bisa didownload disini SPHERE 2011..