Appeal untuk Penutupan Reaktor Nuklir Fukushima

Masao Hara, Wakilota Koriyama, menyayangkan sikap pemerintah Jepang yang menolak saran dari Pemerintah AS untuk melakukan dekomisioning terhadap reaktor nuklir Fukushima.

Walikota Masao Hara, menyatakan pihaknya telah mengajukan permintaan kepada Tokyo Electric Power Company dan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Mr. Keida untuk melakukan dekomisioning pada reaktor tersebut.

Desakan Walikota Koriyama mendapatkan dukungan dari aliansi masyarakat sipil di Jepang membentuk “Voluntary Group Calling for Decommissioning the Fukushima Nuclear Plants”.

Dalam pernyataannya, Kelompok Relawan untuk Dekomisioning Reaktor Nuklir Fukushima menyatakan kekhawatiran atas dampak kebocoran reaktor nuklir Fukushima terhadap para pekerja yang telah secara berani berupaya untuk mengatasi berbagai kerusakan pada reaktor tersebut.

Kelompok relawan ini juga mendukung desakan dari Walikota Koriyama kepada Tokyo Electric Power Company agar memenuhi saran berbagai pihak untuk melakukan dekomisioning terhadap reaktor nuklir Fukushima.

Dalam rangka menggalang dukungan untuk penutupan reaktor nuklir tersebut, kelompok relawan ini menyebarkan undangan kepada berbagai kalangan untuk turut mendukung petisi mendesak penutupan reaktor nuklir Fukushima. Petisi tersebut akan dikirimkan kepada Perdana Menteri Naoto Kan, dan Board Chairperson Tokyo Electric Power Company Katsumata Tshunehisa pada akhir Maret 2011 dan akhir April 2011.

Bagi yang berminat mendukung petisi tersebut, silakan mendownload petisi di sini. Petisi yang sudah ditandatangani dan dilengkapi dengan identitas dan lembaga harap dikirimkan ke email fukushima.hairo@gmail.com. Mohon dicantumkan kata “endorsement” dalam subyek email yang akan dikirimkan.

Terima kasih

Link

Urgent petition Fukushima nucplants